Benarkah Garam Bisa Mengusir Syetan?

1
1404

Assalamualaikum Wr Wb

Ustadz Akhmad  Sadzali yang saya hormati, apakah  benar jika kita menaruh garam di atas pintu dapat menetralisir kejahatan syetan? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Jamaludin MS, 

Cikarang, Kabupaten Bekasi

Jawaban:

Waalaikumsalam Wr Wb

 Saudara Jamaluddin dan pembaca rubrik konsultasi keghoiban semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Ada salah pemahaman terjadi di masyarakat kita, seperti agar terhindar dari gangguan syetan, maka ia memasang tulisan Arab diatas pintu rumah, menanam atau mengubur telur angsa di pojok-pojok rumah, atau memasang ayat kursi yang tujuannya untuk menghalangi gangguan syetan termasuk meletakkan garam di sudut rumah di atas lemari dsb.

Semua kita pasti tahu rasa dan manfaat garam dalam kehidupan, ia menjadikan masakan menjadi sedap dan lezat. Kemudian apakah garam bisa mengusir syetan? Untuk mengetahui boleh atau tidaknya, mari kita simak kisah  ini:

Ketika Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam (SAW) sedang sujud dalam shalat, seekor kalajengking menyengat jari tangan beliau, maka Rasulullah keluar dan berkata, “Semoga Allah melaknat kalajengking, ia tidak membedakan antara nabi dan orang lain.” 

Kemudian Rasulullah meminta diambilkan bejana berisi air dan garam lalu merendam  bagian yang disengat itu kedalam bejana tersebut sambil membaca, Al-Kafirun dan muawwidzatain  (surah Al Falaq dan An Nas) hingga sakitnya hilang.

Selain itu, maka tidak ada tuntunan dari Nabi yang mengajarkan agar membentengi rumah dengan garam. 

Mari kita perhatikan dua hadits berikut ini

Anjuran untuk membaca doa di bawah ini 3x di pagi dan 3x di sore hari

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فىِ اْلاَرْضِ وَلاَ فىِ السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعِ اْلعَلِيْمِ.

 “Dengan nama Allah yang tidak membahayakan bersama namaNya akan sesuatu di bumi dan di langit, dan Dia-lah Dzat yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Sumber doa

من قال حين يمسي : بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فىِ اْلاَرْضِ وَلاَ فىِ السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعِ اْلعَلِيْمِ ، ثلاث مرات ، لم يصبه فجأة بلاء حتى يصبح ، ومن قالها حين يصبح ثلاث مرات ، لم يصبه فجأة بلاء حتى يمسي.

“Barangsiapa yang ketika sore membaca : “ Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syaeun fil ardhi wa laa fis samaai wa huwas samii’ul ‘aliim ” tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai pagi, dan barangsiapa yang membacanya ketika pagi tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai sore.”(HR. At-Tirmidzi dan selainnya, dan hadits ini derajatnya hasan sebagaimana dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi.dan dishahihkan oleh   Al-Albany)

Adapun hadits yang kedua, Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda“Janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan, sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibaca surah Al Baqarah.”(H.R Muslim).

Hadits yang pertama berkaitan dengan perlindungan untuk diri dan hadits yang kedua pembentengan rumah atau pengusiran syetan dari rumah dengan bacaan surat Al Baqarah. Itulah yang diajarkan Nabi SAW kepada kita.

Adapun memohon perlindungan dari  gangguan syetan dari rumah baru, kamar hotel, atau tempat yang dianggap seram adalah dengan membaca doa ini:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”(HR. Muslim)

Sumber Doa

“Diriwayatkan dari Sa’d bin Abi WaqqashRadhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Aku mendengar Khaulah binti Hakim al-Salamiyah Radhiyallahu ‘Anha berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Bersabda:

“Siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia membaca: A’udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya) maka tak ada sesuatu pun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut.”(HR. Muslim)

Ustadz Akhmad Sadzali Lc

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY