Ilmuwan: Shalat yang Benar Dapat Menjaga Kesehatan Tulang Punggung

0
183

Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa shalat lima kali sehari sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang punggung. Dengan catatan, itu jika dilakukan dengan benar, yakni sudut lutut dan punggung yang benar.

Penemuan itu dipublikasikan dalam makalah berjudul “studi ergonomis gerakan tubuh selama shalat dengan pemodelan manusia digital”. Temuan itu dimuat dalam International Journal of Industrial and Systems Engineering. (Aqlan, F., Ahmed, A., Cao, W., & Khasawneh, M. T. (2017). An ergonomic study of body motions during Muslim prayer using digital human modelling. International Journal of Industrial and Systems Engineering, 25(3), 279-296.)

Posisi shalat yang dianalisis menunjukkan bahwa itu berpengaruh pada pencegahan nyeri punggung bawah. Posisi sujud sebagai salah satu gerakan shalat dapat meningkatkan elastisitas sendi, menurut penelitian ini. Sementara itu, shalat sehari lima kali memberikan manfaat yang lebih baik.

Posisi sujud yang benar adalah membentuk suduh 90 derajat pada tekukan lutut dan punggung. Hal itu mencakup tujuh anggota bada seperti disebutkan dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Aku diperintahkan (kalian) untuk bersujud dengan bertumpu pada tujuh anggota badan: Dahi –dan beliau berisyarat dengan menyentuhkan tangan ke hidung beliau–, dua telapak tangan, dua lutut, dan ujung-ujung dua kaki.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Prof Khasawneh, pembimbing dalam penulisan jurnal itu mengatakan, “Salah satu cara untuk memahami gerakan itu adalah bahwa itu mirip dengan yoga atau terapi latihan intervensi fisik yang digunakan untuk mengobati nyeri pinggang.”

“Kesehatan fisik dipengaruhi oleh sosial-ekonomi, gaya hidup dan faktor agama,” tambahnya.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara shalat dan kewaspadaan seseorang untuk mempertahankan gaya hidup sehat secara fisik.

“Shalat dapat menghilangkan stres fisik dan kecemasan, sementara ada juga penelitian yang menunjukkan ritual shalat dapat dianggap sebagai pengobatan klinis yang efektif untuk disfungsi neuro-muskuloskeletal (interaksi antara saraf, otot dan tulang),” kata Khasawneh.

Menariknya, sujud seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam ditemukan dalam Alkitab:

“Dan dia (Yesus) pergi sedikit lebih jauh, dan menempelkan wajahnya (ke bumi), dan berdoa …” (Matius 26:39)

“Dan Yosua menempelkan wajahnya ke bumi, dan melakukan ibadah …” (Yosua 5:14).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY